Kamis, 11 Oktober 2018

Info Seputar Kerang batik

kerang batik
jualkepitingjogja.blogspot.com

Kerang memiliki jenis yang beragam, kerang dara, kerang hijau, dan ada juga jenis kerang batik. Kerang batik termasuk jenis hewan yang bertubuh lunak.  Pengertin ini bersifat umum, dan tidak memiliki arti biologi. Dalam pengertian khusus, kerang adalah hewan bertubuh lunak (moluska) dan diapit oleh dua cangkang yang sangat keras.
Habitat kerang batik ada di perairan laut, atau di bibir pantai yang memiliki batu karang. Keberadaannya ini biasanya hidup bergerombol dan menempel lekat pada suatu bebatuan. Makanan mereka biasanya adalah hewan-hewan kecil seperti plankton.
Kerang ini bisa tumbuh dewasa selama enam bulan sekitar 6,5 cm. Musuh utama kerang batik adalah bintang laut. Kerang dapat bertahan hidup di darat  selama enam jam. Kerang ini berbentuk pipih melonjong seperti saudaranya yaitu kerang hijau.
Bedanya kerang batik, memiliki corak warna putih kecoklatan ke hitam-hitaman dengan motif seperti batik, garis bidang yang sejajar rapi. Berbeda dengan kerang hijau yang berwarna hijau tua ke hitam-hitaman. Dalam habitatnya kerang batik hidup diperairan Asia, mulai dari Asia Tenggara, Asia Pasifik, dan Asia Timur.
Habitat Asli Kerang Batik
Kerang batik ini, lebih suka hidup di perairan laut yang ombaknya tenang. Karena mereka hidup menempel di bebatuan karang yang membutuhkan proses regenerasi dari telur yang di hasilkan perkawinan antara kerang jantan dan betina. Apabila ombak laut besar, maka telur akan sulit menjadi calon kerang. Oleh karena itu, kerang batik memilih perairan tenang, supaya telur dapat dibuahi dan menjadi bayi kerang.
Kerang batik biasanya dijual di pasar ikan, daerah pantura, karesidenan Semarang, meliputi Kendal, kota semarang, demak, serta di karesidenan Pati meliputi, kabupaten Pati (kota Pati, kota Juwana), Jepara, (Kec kedung), Rembang (Bangli).
          Kandungan gizi kerang batik sebanding dengan kandungan gizi daging sapi, ayam dan telur. Meskipun bobot kerang batik hanya 30% dihitung dengan cangkangnya, namun kandungan kalori dari kerang batik adalah 100 kalori. Tentunya kadungan gizinya sangat bermanfaat bagi ketahanan tubuh manusia.
          Pemesanan Kerang Batik
Pemesanan kerang batik adalah sehari sebelumnya, minimal pemesanan 1 kg dalam kota, dan 2 kg untuk luar kota Jogja. Pelayanan akan cepat tanggap, kritik dan saran akan selalu diperhatikan. (Jualkepitingjogjasegar.blogspot.com)


2 komentar:

  1. artikel tentang khasiat kelapa muda, mampir sini gan..

    blog kelapa wulung

    BalasHapus
  2. Yang kerang batik harganya berapa ya mas? Alamatnya di mana nggih?

    BalasHapus

Info seputar Kepiting telur

jualkepitingjogja.blogspot.com             Kepiting adalah jenis binatang seafood yang mempunyai kaki sepuluh dan terdapat dua sepas...