Minggu, 31 Maret 2019

Mengenal Jenis Ikan Manyung (Arius Thaliassinus)



ikan manyung
jualkepitingjogja.blogspot.com

IkanManyungjualkepitingjogja.blogspot.com disebut juga kucing laut, itu karena ikan ini juga memiliki kumis seperti ikan lele, dan ikan Patin. Ikan manyung biasanya dijadikan ikan asin, maksudnya tubuh di belah dan dikeringkan asin. Ikan ini hidup di dua alam, yaitu di air tawar dan asin di laut lepas.ikan ini termasuk jenis  familiAriidae, mempunyai duri pada sirip dada dan sirip punggung depan. Sirip punggung belakang berbentuk kecil dan tidak berjari, sirip yang dinamakan sirip lemak. Sungut ada tiga pasang, dua pasang pada bawah rahang dan satu pasang lagi pada atas rahang, serta langit-langit bergigi. Ikan ini termasuk karnivora, yaitu pemakan udang, moluska serta ikan kecil lainnya.
Ikan manyung merupakan salah satu komoditas perikanan yang cukup potensial untuk dikembangkan di Indonesia. Manyung merupakan ikan laut yang biasa diolah sebagai ikan asin yang disebut jambal roti. Kebanyakan ikan ini hidup di dua habitat yan berbeda. Yaitu awal mula di air tawar lalu selanjutnya bermuara ke perairan laut untuk memijah. Daya jelajah dan bermigrasi ikan manyung ini sampai ke laut lepas. Ikan manyung  dapat dikelompokan sebagai ikan dengan bentuk demersal besar. Bentuk badan memanjang, kepala picak (gepeng), bersungut tiga pasang (dua pasang pada rahang bawah dan satu pasang pada rahang atas). Perisai kepalanya beralur dan berbintik. Ciri khusus dari ikan ini adalah adanya adipose fin, yaitu sirip tambahan berupa lemak yang terletak dibelakang sirip dorsal dan tidak berhubungan.
Ikan ini dapat tumbuh besar, berukuran sekitar Jenis ikan ini dapat mencapai ukuran yang besar. Umumnya yang tertangkap oleh neleyan bekisar pada ukuran 250-700 mm dan dapat mencapai panjang 1.500 mm. Berat ikan manyung ini kiranya antara 190-4.500 gram pada panjang 195-580 mm, dan 553-5000 gram pada panjang 280-600 mm. Populasi ikan ini tersebar di seluruh perairan pantai, lepas pantai Indonesia terutama di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi Selatan, dan Arafura. Bagian utara meliputi sepanjang pantai India, Thailand, dan sepanjang pantai Laut Cina Selatan serta bagian selatan pantai Australia, kecuali bagian selatan benua tersebut.
Habitat Ikan Manyung
Ikan pada mulanya hidup di perairan dengan kedalam 100-hingga 200 km. Sebagai bagian dari mahkluk hidup, ikan membutuhkan cahanya untuk hidup dan berkebmbang biak. Maka sudah sepastinya hukum alam mengharuskan semua mahkluk hidup di seluruh dunia membutuhkan cahaya matahari. Tidak terkecuali ikan manyung ini, mereka biasanya hidup laut-laut dengan ke dalaman hingga 200 meter.
kepala manyung asap
ikan manyung asap

Ikan Asap Manyung
Bagian tergurih dan terenak pada ikan manyung terletak pada kepalanya. Maka tak heran jika di laut utara atau pantura banyak sekali olahan dagin kepala mangut manyung atau ikan asap manyung. Ikan ini lebih sedap dimasak santan atau semur manyung. Ikan ini menjadi andalan para pedagang warung di sekitar panturaa laut Jawa, termasuk di dalamnya kabupaten Pati, Kudus, Kendal, Rembang, Batang, Pekalongan, Tegal, Semarang, dan Jepara.
Namun pembelian ikan ini sudah mulai merambah ke pantai selatan, termasuk Provinsi Yogyakarta. Daging Manyung sangat lezat, maka tak heran jika banyak sekali yang menggemarinya. Termasuk anak muda, orang tua dan ibuk-ibuk. Harganya pun terjangkau dan sangat baik untuk semua kalangan. Berbisnis ikan ini sangat menguntungkan dan pastinya akan menambah pundi-pundi uang anda. (jualkepitingjogja.blogspot.com)

4 komentar:

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus
  2. numpang promote ya min ^^

    Ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    BalasHapus
  3. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus

Info seputar Kepiting telur

jualkepitingjogja.blogspot.com             Kepiting adalah jenis binatang seafood yang mempunyai kaki sepuluh dan terdapat dua sepas...