Senin, 06 Agustus 2018

Mengenal Kerang Hijau

kerang hijau
jualkepitingjogjablogspot.com

Karakteristik Kerang Hijau

Kerang hijau atau yang disebut Green Mussels, adalah binantang lunak molusca yang hidup di laut. Binatanag ini bercangkang dua dan berwarna hijau, termasuk hewan berkelas pelecipoda yang mempunyai katup sepasang. Hewan ini mempunyai kaki yang berlapis-lapis. Di beberapa daerah, kerang hijau mempunyai nama yang berbeda-beda. Seperti di Jakarta, kerang ini bernama (kijing), Riau (kemudi kapan), dan Banten (kedaung).
Kerang hijau memiliki penyebaran yang sangat luas, mulai dari laut India bagian barat, Filipina, Laut Cina Selatan, Taiwan, hingga Indonesia.  Mereka dapat mudah ditemukan di daerah pesisir, hutan mangrove, dan muara sungai. Di negara Indonesia, kerang hijau ini ditemukan nelayan melimpah ruah pada bulan Maret hingga Juli pad areal pasang surut Air. Mereka hidup bergerombol menggunakan cengkraman menempel kuat dengan menggunakan benang byssusnya terhadap benda-benda keras, seperti kayu, bambu, batu, substrat, ataupun benda-benda keras lainya.

Kerang hijau memiliki anatomi panjang tubuh sekitar 6,5-8,5 cm. Ciri khasnya kerang hijau terletak pada warna cangkangnya yang berupa hijau gelap ke warna terang. Kerang ini tidak memiliki kepala, dan otak, akan tetapi kerang hijau memiliki ginjal, jantung, mulut, dan anus. Insangnya berlapis-lapis dua pasang, serta dalam insang ini mengandung pembuluh darah. Kaki pipihnya digunakan untuk berjalan dengan membuka cangkang. Dalam rongga tubuhnya terdapat saluran pencernaan yang menembus jantung, alat pencernaan dan alat ekskresi (ginjal).

Siklus Biologis Kerang Hijau

Kerang berkembang biak secara kawin. Umumnya telur yang dibuahi sperma akan membentuk berkembang menjadi larva. Larva akan hidup menjadi kerang hijau muda dan juga menjadi parasit ikan lain. Induk kerang hijau yang telah matang akan mengeluarkan sperma terjadi pembuahan di dalam air. Telur yang dibuahi akan menetas selama 24 jam, dan mereka yang bersifat plangtonik akan bertahan mulai dair umur 15-20 hari. Kemudian benih menempel pada batu-batuan yang keras, selama 5-6 bulan akan menjadi kerang hiju dewasa.
Kerang hijau mampu hidup di air tawar selama 8 jam, walau air diganti-ganti.  Kandungan gizi yang terdapat dalam kerang hijau sangatlah banyak, terdiri dari 40,8 %air, 21,9% protein, 14,5% lemak, 18,5% karbohidrat. Sehingga menjadikan kerang hijau sebanding dengan daging sapi, telur maupun ayam. Dalam 100 gram daging kerang hijau mengandung kalori yang sangat bermanfaat bagi ketahanan tubuh manusia. (jualkepitingjogjablogspot.com)
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info seputar Kepiting telur

jualkepitingjogja.blogspot.com             Kepiting adalah jenis binatang seafood yang mempunyai kaki sepuluh dan terdapat dua sepas...