Senin, 26 Maret 2018

Budidaya Kepiting Soka

Kepiting Jogja
jualkepitingjogja.blogspot.com

Kepiting Soka  atau nama latinnya Soft Shell Grab adalah kepiting bakau yang mempunyai jenis cangkang lunak. Kepiting ini memiliki anggota tubuh yang seluruhnya lunak, juga dapat dikonsumsi tanpa membuang cangkangnya. Biasanya kepiting jenis ini dibudidayan di daerah sekitar pertambakan. Belum banyak para nelayan atau petani di daerah pesisir  yang membudidayakan jenis kepiting ini.
Melihat dari kacamata bisnis kuliner, pembudidayaan kepiting soka memang memiliki peluang usaha yang sangat besar untuk dipasarkan di pangsa pasar Indonesia, maupun internasional (ekspor). Pembibitan kepiting soka bisa dikatakan mudah, bagi yang mau belajar dan sungguh-sungguh menekuninya. Karena banyak sekali ilmu- ilmu dan inovasi baru yang diperoleh ketika melakukan pembibitan kepiting ini.
Kepiting Soka biasanya dibudidayakan di daerah air payau dengan ke dalaman air sekitar 80 cm. Alat-alat yang harus disiapkan adalah, terpal, atau jaring dan kotak berlubang yang dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan kepiting soka yang nantinya dibudidayakan supaya menjadi Soka. Sekiranya kepiting soka adalah jenis kepiting bakau yang diinovasikan menjadi bercangkang lunak. Makanan kepiting soka dapat berupa kerang, udang, dan ikan.

jualkepitingjogja.blogspot.com
Kepiting soka harus dipotong ke enam kakinya, supaya pertumbuhan cangkang baru cepat berganti. Pergantian cangkang sekitar 15 hari pangsa panen. Apabila ketika mengangkat tempat pembibitan terlihat dua cangkang, berarti telah menjadi kepiting soka dengan cangkang lunak. Kepiting yang sudah berubah menjadi soka harus segera diangkat, dan ditempatkan di air tawar. Kepiting soka apabila tidak di tempatkan di air tawar, maka dua jam kemudian setelahnya, cangkangnya akan berubah kembali menjadi keras kembali, atau berubah menjadi kepiting bakau.
 Kepiting yang menjadi soka dapat diolah seluruh tubuhnya menjadi makanan favorit, seperti kepiting krispi atau kepiting saos pedas. Kepiting soka mulai digemari masyarakat Indonesia. Baik disemua lapisan masyarakat. Budidaya kepiting ini mulai merambah kelapisan masyarakat pesisir. Namun banyaknya permintaan membuat para petani tampak kuwalahan dalam penyuplaian kepiting soka diseluruh Indonesia.
Pembudidayaan kepiting soka adalah lahan bisnis kuliner yang sangat signifikan. Tentunya harus dengan ketekunan dalam membibitkannya. Bagi para petani kepiting disekitar daratan juga dapat melakukan pembibitan dengan menggunakan terpal, jaring dan kotak yang berlobang. Namun pembibitan di wilayah darat harus menggunakan air laut asli, bukan air garam yang dicampur air tawar. Karena pembibitan kepiting soka membutuhkan saluran air yang mengalir supaya kadar garamnya stabil.
Bagi para pemula budidaya kepiting, silahkan berinovasi dan terus belajar kepada-para nelayan kepiting atau berbagi informasi. Budidayak kepiting soka sangatlah menjanjikan, maka perlu pembibitan yang hakiki serta totalitas dalam pemeliharaan.
Kami merupakan supplier kepiting jogja yang siap membantu anda yang sedang mencari kepiting segar,  hidup, mentah di Jogja. kami siap melayani COD untuk radius 30 km. untuk pertanyaan seputar harga, foto, dokumentasi dan teknis pengiriman, bisa menghubungi kami melalu nomer wa: 082226202246. terimakasih anda telah mengunjungi situs kepiting Jogja. (jualkepitingjogja)

2 komentar:

  1. masakan dengan bahan kepiting itu memang banyak gizinya. kepiting kalau diolah dengan benar pasti enak rasanya. bahan kepiting banyak digunakan oleh jasa catering di berbagai daerah.
    salah satunya oleh Catering Semarang yaitu Sandrina Catering yang juga menyediakan menu kepiting. sayangnya menu kepiting bisa menimbulkan gatal-gatal buat yang punya alergi sama sea food.

    BalasHapus

Info seputar Kepiting telur

jualkepitingjogja.blogspot.com             Kepiting adalah jenis binatang seafood yang mempunyai kaki sepuluh dan terdapat dua sepas...