Selasa, 24 Juli 2018

Resep Kepiting Asam Manis Pedas

http://jualkepitingjogja.blogspot.com

Membahas makanan sea food memang tidak akan ada habisnya. Kepiting termasuk keluarga krustasea atau yang berkaki sepuluh. Kepiting juga mendapat julukan upabangsa Brachayura sea food yang berkaki pendek, dan badannya tesembunyi di bawah perutnya.
Kepiting banyak di cari untuk dikonsumsi oleh masyarakat di dunia, terutama di Indonesia. Harga kepiting memiliki stastistik naik turun setiap sebulan sekali. Oleh karena itu, kepiting masih menjadi buruan para pecinta kuliner sea food untuk dikonsumsi, terutama di Yogyakarta.  Akan tetapi di sini akan kita bahas cara-cara memasak kepiting, terutama kepiting jogja atau memasak kepiting bagi yang sedang berada di Jogja.
Nah untuk menghemat biaya, apabila kita beli kepiting siap saji di restoran atau warung, maka kita bisa memasak sendiri kepiting hasil beli dari pasar atau dari pasar. Penulis membahas tentang menu masakan asam manis pedas, karena menu ini sedang populer di kalangan masyarakat Jogja.
Bahan-bahannya pun cukup mudah kita dapatkan di sekitar kita. Untuk Langkah awal membuat kepiting asam manis pedas adalah bersihkan kepiting, lalu belahlah badan kepiting menjadi dua, dan pisahkan kedua capitnya (tergantung selera). Nah sekarang kita siapkan bahan-bahannya:
BAHAN DASAR KEPITING ASAM MANIS PEDAS
·         2 buah jeruk nipik belah dua dan peras airnya
·         Minyak goreng secukupnya
BUMBU KEPITING ASAM MANIS PEDAS
·         4 siung bawang putih (dikupas)
·         7 siung bawang merah (dikupas)
·         1 butir bawang bombay (dikupas)
·         Cabai rawit 7 buah
BAHAN SAOS DAN KECAP
·         100 ml air bersih
·         4 sendok minyak goreng
·         2 sendok makan saos tomat
·         2 sendok makan saos tiram
·         2 sendok makan kecap asin
·         2 sendok makan kecap manis
·         1 sendok teh garam (menyesuaikan)
·         1 sendok teh gula (menyesuaikan)

CARA MEMBUAT KEPITING ASAM MANIS PEDAS
1 pertama-tama cuci bersih kepiting, rebuslah 1 liter air putih hingga mendidih,lalu masukkan kepiting ke air mendidih hingga mengeluarkan busa putihdan kepiting berubah warna merah yang mengeluarkan aroma khasnya.
2 haluskan bawah putih, bawang merah bawang bombay, cabai rawit ke dalam minyak goreng yang sudah mendidih hingga harum.
3. Masukkan bahan-bahan untuk membuat saos di wajan, tambahkan air, aduk hingga kental. Sekarang masukkan kepiting lalu diaduk dengan bumbu-bumbu yang sudah di aduk rata dan kental
3 tunggulah  sekitar 10 menit supaya bumbu meresap ke dalam daging kepiting.
4. kepiting asam manis pedas siap di hidangkan

kepiting segar Jogja: Aris Abdul Hadi

2 komentar:

Info seputar Kepiting telur

jualkepitingjogja.blogspot.com             Kepiting adalah jenis binatang seafood yang mempunyai kaki sepuluh dan terdapat dua sepas...